5 Cara Memaksimalkan Pencahayaan Alami Pada Rumah

Published on
Tuesday, August 27, 2024

Rekan Sibambo, pencahayaan menjadi poin utama yang tidak boleh disepelekan saat anda membangun hunian impian. Perlu dicatat jika ketersediaan pencahayaan alami mampu menghadirkan suasana rumah lebih nyaman dan sehat bahkan membantu anda menghemat penggunaan listrik. Guna memaksimalkan pencahayaan alami, 5 cara di bawah ini layak untuk diaplikasikan di rumah anda.

1. Paham Orientasi Bangunan

Anda mesti memahami penempatan dan arah bangunan terhadap lingkungan sekitar, terkait pencahayaan alami anda bisa memperhatikan posisi matahari. Di Indonesia menempatkan jendela dengan mengarah selatan mampu mendapatkan cahaya matahari sepanjang tahun. Selain itu tidak akan terlalu panas dibanding menghadap timur atau barat, saat terbit dan terbenamnya matahari.

2. Buat Bukaan Lebar

Pilihlah pintu dan jendela dengan kaca yang lebar, keduanya bisa memungkinkan menjadi akses masuknya cahaya ke dalam rumah. Selain itu pemilihan bukaan lebar tidak hanya membuat rumah anda lebih cerah dan luas, namun sirkulasi udara pun dapat mengalir dengan lancar. Jangan lupa sesuaikan juga ukuran pintu dan jendela rumah anda dengan gaya arsitekturnya agar tetap indah secara visual.

3. Pasang Skylight

Jendela atap atau skylight bisa menjadi satu cara lain untuk memaksimalkan pencahayaan alami. Dengan posisi menghadap ke atas skylight bisa menerima lebih banyak cahaya matahari akibatnya cahaya matahari langsung masuk ke dalam ruangan dan memberikan pencahayaan lebih konsisten. Itu berarti anda bisa mengurangi penggunaan lampu di siang hari dan tentunya membantu menghemat listrik.

4. Pilih Warna Cerah

Memilih warna cerah dan terang untuk dinding dan furnitur bisa menjadi cara untuk meningkatkan pencahayaan alami di rumah anda. Warna-warna cerah memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya hingga membuat ruangan terkesan lebih luas dan terang. Jika anda bosan dengan warna cerah seperti putih, pilihlah warna krem, pastel atau biru langit sebagai alternatif lainnya.

5. Maksimalkan Ruang Terbuka

Memaksimalkan keberadaan ruang terbuka atau taman tak hanya membuat udara lebih sejuk, namun juga mampu meningkatkan asupan pencahayaan alami di rumah anda. Anda bisa juga menambahkan tanaman sejenis Monstera, selain berfungsi menambah estetika rumah anda juga bisa menyebarkan cahaya di dalam ruangan. Sentuhan hijau yang menyegarkan dari area vegetasi tak hanya membuat asri rumah anda, namun menjadi solusi untuk mengoptimalkan pencahayaan alami.

Rekan Sibambo, konsultasikan setiap perencanaan pembangunan rumah agar kita mendapat pilihan terbaik saat memilikinya. Untuk lebih tahu perjalanan dibalik proses pembangunan setiap rumah bisa disaksikan di channel youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta