5 Tips Pilihan Pencahayaan yang Tepat untuk Kamar Tidur yang Nyaman dan Menenangkan

Published on
Thursday, September 26, 2024

Rekan Sibambo, kamar tidur merupakan muara peristirahatan bagi anda pemilik rumah setelah lelah seharian menjalani aktivitas yang menguras tenaga. Dekorasi dan furnitur di kamar tidur pasti menjadi poin utama bagi anda yang senang menata ruangan, namun persoalan pencahayaan kadang luput dari perhatian anda. Padahal pencahayaan yang baik akan mendukung kualitas tidur anda semakin baik. Berikut ini lima tips singkat untuk mewujudkan pencahayaan di kamar tidur yang nyaman dan menenangkan.

1. Pasang Lampu Dinding atau Lampu Gantung

Lampu dinding bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki kamar tidur minimalis, menyimpan titik pencahayaan di dinding ruangan mampu menciptakan kesan lebih luas bagi kamar tidur anda. Anda pun bisa menggunakan lampu gantung untuk pencahayaan kamar tidur, pilihlah lampu gantung dengan ketinggian yang dapat disesuaikan agar anda bisa mengubah tampilan kamar saat menata ulang kamar tidur. Namun, hindari penggunaan lampu gantung jika plafon ruangan terlalu rendah hal ini justru akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

2. Gunakan Desain yang Fleksibel

Agar tak terlalu banyak menghabiskan space ruangan, pilihlah lampu yang memiliki bentuk ramping dan desain yang fleksibel. Lampu yang memiliki lengan ayun bisa menjadi pilihannya, anda dapat mengatur posisinya untuk menerangi area kamar yang anda inginkan.

3. Alternatif Lampu Meja

Anda bisa menggunakan lampu meja sebagai alternatif pencahayaan di kamar tidur. Lampu jenis ini tak hanya menemani waktu tidur, namun akan dibutuhkan saat anda mengabiskan waktu untuk membaca. Pilih lampu meja dengan detail tutup dari kaca yang bisa menghadirkan cahaya indah di malam hari, cahaya akan terasa lembut seperti pendaran lilin.

4. Pilih Lampu dengan Intensitas Redup

Waktu istirahat yang nyaman dan tenang bisa terwujud lewat suasana ruangan dengan tingkat pencahayaan yang cukup, penggunaan lampu dengan intesitas redup bisa menjadi pilihannya bahkan lampu dengan tingkat kecerahan otomatis kini tersedia untuk memenuhi kebutuhan anda. Anda dapat mempertimbangkan untuk memiliki lampu downlight yang dapat diredupkan, yang bekerja dengan sempurna untuk cahaya terang saat anda merias diri serta dapat diredupkan untuk suasana yang lebih santai.

5. Pencahayaan Sekaligus Dekorasi

Menggunakan lampu yang berfungsi ganda layak untuk anda pilih, selain berfungsi dekorasi yang menciptakan ruangan rapi dan estetik juga memenuhi kebutuhan pencahayaan ruang. Gunakan desain lampu yang selaras dengan kamar tidur anda untuk menciptakan tampilan yang dinamis tanpa mengesampingkan fungsinya sebagai penerangan.

Rekan Sibambo, konsultasikan setiap perencanaan pembangunan rumah agar kita mendapat pilihan terbaik saat memilikinya. Untuk lebih tahu perjalanan dibalik proses pembangunan setiap rumah bisa disaksikan di channel youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta