5 Langkah Ini Bikin Rumah Anti Gerah

Published on
Wednesday, August 21, 2024

Rekan Sibambo, tinggal nyaman di hunian sejuk adalah idaman semua orang. Namun, karena berada di wilayah tropis, hunian masyarakat Indonesia cederung beresiko terpapar suhu udara tinggi saat musim kemarau. Hal ini tentunya akan mengakibatkan area dalam rumah terasa panas dan gerah bagi penghuninya. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya?

1. Buat Ventilasi Atap

Atap merupakan pelindung pertama yang menjadi lapisan penerima panas paling besar. Lengkapi ruang di bawah atap dengan bukaan agar udara tidak terperangkap. Penggunaan kayu yang disusun berjajar sebagai kisi-kisi ventilasinya lebih baik daripada tripleks atau gipsum. Jika diperlukan gunakan juga lembaran alumunium foil berlapis glass wool.

2. Plafon Dibuat Tinggi

Semakin tinggi langit-langit akan memperlambat laju masuknya panas ke dalam ruangan. Hal ini akan membuat proses sirkulasi udara yang lebih baik. Berbeda saat jarak antara lantai dan plafon yang tidak terlalu tinggi, selain tentunya akan berhawa panas ruangan juga akan terlihat sempit dan terasa pengap.

3. Perhatikan Orientasi Matahari

Kita bisa memposisikan jendela di sisi yang jarang disinari matahari. Pastikan letak jendela menghadap utara atau selatan. Jaminan hawa sejuk akan lebih terasa dibanding saat jendela berada di sisi terbit atau terbenamnya matahari. 

4. Sistem Ventilasi Silang

Menempatkan dua bukaan saling berhadapan dalam satu ruang mampu memperlancar sirkulasi udara. Hal ini sering diaplikasikan pada jenis hunian tropis. Dengan menempatkan pintu dan ventilasi secara berhadapan bisa menjadi solusi alternatif dari penggunaan jendela besar yang terkesan memakan ruang.

5. Perbanyak Area Vegetasi

Idealnya perbandingan antara bangunan dan area hijau adalah 60:40. Hal ini akan berdampak pada suhu udara yang akan terasa lebih sejuk. Jika mengalami keterbatasan lahan, meletakkan tanaman di dalam ruangan, membuat roof garden, atau mengaplikasikan taman vertikal bisa menjadi solusinya. Menyimpan tanaman di sekitar bukaan juga bisa meningkatkan rasa sejuk pada hunian anda.

Rekan Sibambo, konsultasikan setiap perencanaan pembangunan rumah agar kita mendapat pilihan terbaik saat memilikinya. Untuk lebih tahu perjalanan dibalik proses pembangunan setiap rumah bisa disaksikan di channel youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta