5 Panduan Singkat untuk Dampingi Rencana Anda Membangun Rumah dari Nol

Published on
Tuesday, August 27, 2024

Rekan Sibambo, saat ini semakin banyak dibuka kompleks perumahan yang menawarkan rumah dengan desain yang menarik. Namun tak jarang desain yang seragam satu sama lain menjadi pertimbangan saat hendak memiliki rumah impian. Bahkan kadang rumah dari developer ini dirasa tak memenuhi kebutuhan penghuninya. Pilihan lainnya adalah membangun rumah dari nol agar sesuai dengan konsep dan desain impian. Catat ini dia 5 tips membangun rumah dari nol agar sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Siapkan Lokasi dan Anggaran Biaya Bangun Rumah

Saat anda memutuskan untuk membangun rumah dari nol, mulailah dengan menyiapkan lokasi untuk rumah impian anda. Pertimbangkan faktor strategis dari lokasi hunian anda nantinya, apakah berada di lingkungan yang aman, sejauh apakah jarak menuju fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah atau pasar. Jangan lupakan juga akses transportasi menuju lingkungan kerja anda. Guna mendukung rencana pembangunan hunian anda perhatikan akses jalan untuk mengangkut material agar biaya operasional tidak membengkak.Saat faktor lingkungan sudah dirasa mendukung, persiapkan dana sesuai anggaran untuk kelancaran rencana pembangunan hunian anda. Satu hal yang wajib anda perhatikan adalah sediakan dana cadangan bangun rumah sebesar 10% dari total keseluruhan dana bangun rumah yang akan digunakan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya perbedaan biaya bangun rumah saat terjadi peningkatan harga material bangunan seiring perubahan waktu.

2. Riset Mandiri Desain, Gandeng Jasa Konsultan Perencana dan Pelaksana

Memilih membangun rumah dari nol anda mesti membekali rencana tersebut dengan desain dan konsep rumah impian anda. Perbanyak wawasan mengenai pilihan gaya arsitektur rumah tinggal. Anda bisa menggandeng jasa biro arsitektur untuk mengkonsultasikan desain dan konsep yang anda impikan dengan tinjauan bidang arsitektur.Konsultan perencana ini bisa anda temukan melalui website resmi, berbagai platform media sosial dan rekomendasi rekanan anda. Dengan menggandeng jasa arsitek, hunian anda tak hanya bernilai estetika namun aman dan nyaman saat dihuni.Biasanya biro arsitek akan menggandeng konsultan pelaksana atau kontraktor dalam pelaksanaan pembangunan rumah anda. Pilihlah kontraktor terpercaya dan teruji keberhasilannya. Pastikan anda mendapat kontrak tertulis yang detail dengan keduanya agar pembangunan hunian anda sesuai dengan perjanjian.


3. Jangan Lupa Urus Persetujuan Bangunan Gedung (Dulu IMB)

Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dulunya adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan perizinan yang dikeluarkan dari pemerintah kepada pemilik sebuah bangunan gedung atau perwakilannya untuk memulai pembangunan, merenovasi, merawat, atau mengubah bangunan gedung tersebut sesuai dengan yang direncanakan.Saat anda mulai membangun rumah dari nol anda mesti mengurus PBG terlebih dahulu agar terhindar dari resiko izin bermasalah. Pastikan jalur pengurusan sesuai dengan ketentuan resmi dan hindari mengandalkan bantuan calo yang beresiko pembengkakan biaya hingga gagal bangun.

4. Pantau Progress Pembangunan Hunian Anda

Saat pembangunan hunian anda mulai berlangsung, jangan pernah bosan untuk ikut memantau perkembangannya dari awal hingga selesai. Pembangunan rumah tentunya akan memakan waktu yang lama, jangan sungkan untuk berkomunikasi dan meminta update pembangunan di lapangan dari konsultan perencana dan pelaksana. Perhatikan setiap pelaporan dengan kesesuaianya di lapangan. Hal ini penting anda lakukan agar pembangunan hunian anda memuaskan dan selesai sesuai tenggat waktu.

5. Bangun Rumah Tumbuh 

Membangun rumah tumbuh atau secara bertahap bisa menjadi alternatif bagi anda saat memutuskan untuk membangun rumah dari nol. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan kemampuan dan ketersediaan budget yang anda miliki. Maka, bagilah rencana pembangunan anda ke dalam keperluan jangka pendek, menengah dan panjang. Anda bisa memprioritaskan bagian mana dulu yang harus dikerjakan dan selesai terlebih dahulu. Jika di kemudian hari anda memiliki tambahan biaya anda bisa melanjutkan rencana pembangunan bagian rumah lainnya hingga anda anggap rumah anda telah benar-benar selesai dan memuaskan bagi penghuninya.

Rekan Sibambo, konsultasikan setiap perencanaan pembangunan rumah agar kita mendapat pilihan terbaik saat memilikinya. Untuk lebih tahu perjalanan dibalik proses pembangunan setiap rumah bisa disaksikan di channel youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta