Inspirasi Taman Rumah: 5 Cara Mudah Menatanya

Published on
Tuesday, August 27, 2024

Rekan Sibambo, bagi anda penyuka tanaman, keberadaan taman di rumah tentunya tak hanya membuat hunian lebih asri namun juga berkesan estetik saat tamannya terawat hingga sedap dipandang mata. Namun adakalanya kita mendapat kesulitan untuk menata area hijau ini. Simak 5 tips di bawah ini jika anda berencana untuk menata taman, jangan lewatkan juga inspirasi taman untuk hunian impian anda.

1. Gunakan Rumput dan Batu Alam sebagai Pembatas

Dengan menggunakan rumput dan batu alam anda bisa membagi area taman menjadi beberapa bagian. Penggunaan rumput bisa menyamarkan deretan pot tanaman anda agar tidak terkesan penuh dan sesak. Ciptakan ruang kosong yang diisi rumput sebagai pembatas antar baris tanaman favorit anda. Sama halnya dengan batu alam, anda tak hanya bisa menggunakannya sebagai pijakan taetapi berfungsi sebagai batas per petak area tanaman. Taman dengan pembatas rumput atau batu dan taman dalam petak-petak bisa menjadi inspirasi untuk anda. Keberadaan rumput atau batu alam membuat tampilan taman lebih rapi apalagi jika anda membagi area taman per petak atau jenis tanamannya.

2. Gunakan Rak Tanaman

Keterbatasan halaman tak lagi jadi soal untuk memiliki taman yang cantik. Dengan memanfatkan dinding bangunan sebagai area taman dipadukan dengan rak tanaman yang bisa disimpan dengan cara digantung memungkinkan anda tetap bisa menata taman agar hunian lebih asri. Konsep taman vertikal bisa menjadi pilihan bagi anda untuk membuat tanaman terlihat tertata dan membuat ilusi taman terlihat lebih luas.

3. Perhatikan Tanaman Hijau dan Kombinasi Warna Bunga serta Daun

Menyimpan beragam tanaman hijau di area taman tentu menciptakan kesan asri dan sejuk. Namun perhatikan juga saat memiliki tanaman yang berbunga, anda perlu menghindari tanaman dengan bunga berwarna mencolok saat memilih taman tropis sebagai inspirasi area hijau rumah anda. Pertimbangkan kombinasi warna bunga dan daun dari tanaman anda agar tidak terlalu ramai dan banyak warna. Penggunaan elemen alami seperti batu, kerikil dan kayu sangat mendukung pemilihan taman tropis di hunian impian anda.

4. Percantik dengan Kolam dan Air Mancur

Tidak bisa dipungkiri jika kolam ikan dan air mancur adalah paduan terbaik untuk rencana menata taman rumah anda. Untuk mendukungnya, anda bisa memilih konsep taman Jepang yang bisa diaplikasikan pada rumah anda. Diperlukan 3 elemen untuk membuat taman bertema Jepang yaitu batu, tanaman, dan air. Selain mempercantik tampilan taman, keberadaan kolam ikan dan air mancur akan menambah daya pikat area hijau rumah anda. Suasana yang menenangkan dari taman Jepang ini sangat cocok bagi anda yang suka bermeditasi.

5. Pilih Perabot Taman yang Tepat

Perhatikan perabot pendukung untuk menghias taman anda. Pilihlah warna-warna yang senada saat anda memilih menempatkan meja dan kursi di area taman anda. Jangan sampai waktu bersantai dan berkumpul bersama keluarga di taman terganggu dengan pilihan warna yang mencolok. Tambahkan lampu hias sebagai unsur pencahayaan taman anda agar terlihat cantik saat malam hari. Perabot taman yang simpel sangat cocok untuk melengkapi pilihan desain taman berkonsep sederhana dan minimalis. Desain taman ini akan memancarkan kesan rapi dan bersih.

Rekan Sibambo, konsultasikan setiap perencanaan pembangunan rumah agar kita mendapat pilihan terbaik saat memilikinya. Untuk lebih tahu perjalanan dibalik proses pembangunan setiap rumah bisa disaksikan di channel YouTube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta