Percantik Desain Ruangan dengan 5 Langkah Memilih Material dan Warna

Published on
Wednesday, August 21, 2024

Rekan Sibambo, mendesain ruangan untuk hunian memang gampang-gampang susah. Saat ini semakin banyak pilihan material yang bisa anda gunakan untuk interior rumah diantaranya kayu, kuningan hingga metalik. Belum lagi pilihan warna yang tentunya mendukung konsep hunian anda. Pemilihan material dan warna yang tepat mampu memberikan kesan elegan, modern dan berkelas. Agar tak salah pilih, perhatikan lima langkah ini untuk mempercantik desain ruangan hunian anda.

1. Tentukan Pilihan Mood

Sebelum anda menata ruangan dengan aneka furnitur, tentukan dulu sebelumnya suasana yang akan diciptakan pada masing-masing ruangan. Apakah nantinya ruangan tersebut akan digunakan untuk waktu kerja yang produktif, menemani hari bersama buah hati yang ceria, menghabiskan waktu olahraga dengan penuh semangat atau sebagai perlabuhan waktu istirahat yang tenang. Warna-warna lembut tentunya mesti menjadi pilihan suasana rileks, sementara warna terang bisa anda gunakan untuk membangkitkan semangat.

2. Gunakan Warna Dasar dan Palet Warna yang Seimbang

Saat memilih warna dasar ruangan pertimbangkan warna yang bisa fleksibel dan cocok dengan ragam dekorasi. Warna-warna netral seperti putih, abu dan beige bisa menjadi pilihan yang tepat. Lalu perhatikan juga keseimbangan pada pilihan warna lain dan material furniture pendukungnya agar tidak terkesan berlebihan. Gunakan presentase 60-30-10 saat akan menggabungkan beberapa warna, 60% warna dasar, 30% warna sekunder yang lebih kontras dan 10% sisanya warna aksen lebih mencolok.

3. Pilih Material Berkualitas

Pastikan anda memilih material dengan kualitas baik agar terhidar dari kerusakan dalam waktu pemakaian yang singkat. Material tahan lama seperti kayu keras, stainless steel dan granit tentunya akan menghemat biaya perawatan yang mesti anda keluarkan bahkan jenis material tersebut bisa berfungsi serba guna untuk berbagai macam keperluan.

4. Kombinasi Material dan Warna yang Tepat

Selain memberikan kenyamanan jangan lupakan juga unsur estetika ruangan. Desain interior pilihan anda mesti sedap dipandang mata, sesuai selera dan karakter penghuninya, serta tidak berkesan norak. Perhatikan kombinasi material yang anda gunakan dan warna yang dipilih. Misalnya saat menggunakan material kayu sebaiknya diiringi dengan pemakaian warna lebih kontras seperti merah atau hijau sage. Saat menggunakan material kuningan, pastikan anda pilih warna abu agar meredam warna terang dari material.

5. Pastikan Mudah untuk Dibersihkan

Rumah yang anda huni tentunya akan digunakan untuk waktu yang relatif lama. Pilihlah material yang anda anggap minim biaya perawatan, bahkan untuk urusan membersihkannya. Bila perlu gunakan lapisan pelindung agar dapat memudahkan saat dibersihkan. Pahami juga karakter setiap material yang perlu mendapat perlakuan khusus saat pemakaian dan perawatannya.

Rekan Sibambo, konsultasikan setiap perencanaan pembangunan rumah agar kita mendapat pilihan terbaik saat memilikinya. Untuk lebih tahu perjalanan dibalik proses pembangunan setiap rumah bisa disaksikan di channel youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta