Perhatikan 5 Tips ini Saat Pilih Bahan Bangunan

Published on
Tuesday, August 27, 2024

Rekan Sibambo, selain desain dan pondasi ternyata ada satu lagi yang mesti kita perhatikan saat membangun hunian impian. Memilih material terbaik untuk mendukung daya tahan rumah tinggal kita jangan sampai terlewatkan. Perlu diingat semakin bagus material yang digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah tentunya rumah akan semakin kokoh, aman dan nyaman bagi penghuninya. Guna mendukung rencana pembangunan hunian anda, perhatikan 5 tips singkat ini sebelum memilih material bangunan.

1. Perhatikan Kondisi Lingkungan

Merespon kondisi lingkungan sekitar merupakan salah satu upaya agar hunian impian kita adaptif dan nyaman dihuni. Pemilihan material bangunan pun perlu diperhatikan agar sesuai dengan kondisi lingkungan. Berada di wilayah tropis Indonesia harus menjadi pertimbangan saat memilih material bangunan yang mampu melindungi penghuninya dari panas sinar matahari serta curah hujan tinggi. Pilihlah jenis material yang bisa mengurangi panas dan memakai material yang bisa menahan air. Lalu, jangan lupa gunakan material bangunan yang ramah lingkungan, seperti material berbahan daur ulang atau material yang nantinya bisa didaur ulang. Ini merupakan sah satu upaya untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

2. Perhatikan Harga dan Kualitas Material 

Harga dan kualitas selalu berdampingan, pastikan anda memilih material berkualitas dengan harga yang masuk akal. Jangan tergiur dengan harga murah, namun kualitasnya meragukan. Pastikan anda menetapkan anggaran yang realistis dan mencari material bangunan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Informasi lengkap mengenai bahan material, kualitas dan cara penggunaannya sangat perlu anda dapatkan saat memilih material yang akan digunakan.

3. Pilih Material yang Bergaransi

Setelah anda menetapkan pilihan harga dan kualitas material bangunan terbaik, jangan lupa untuk selalu pastikan material pilihan anda bergaransi. Material berkualitas biasanya mempunyai garansi dengan jangka waktu tertentu. Kerusakan dalam jangka waktu garansi menguntungkan bagi anda untuk perawatan dan memungkinkan penggantian ulang dengan syarat dan ketentuan garansi yang berlaku. Setidaknya anda terhindar dari resiko yang tidak diinginkan selama penggunaan material bergaransi tersebut.

4. Utamakan Faktor Keamanan dan Keselamatan

Untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi penghuninya pastikan anda memilih material bangunan yang sudah terstandarisasi. Pastikan anda memilih material yang aman dan tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan keluarga. Anda juga harus memastikan material pilihan untuk membangun rumah tahan terhadap api, penggunaan batu bata, kayu olahan, beton, kaca tahan api hingga metal bisa menjadi pertimbangan. Material terbaik bagi hunian anda pun mesti mudah diperbaiki dan dibersihkan, agar memudahkan saat perawatannya.

5. Konsultasi pada Ahli

Saat anda merasa awam dan kesulitan memilih material bangunan terbaik, jangan ragu libatkan ahli untuk mendukung riset produk material. Datang langsung ke toko material memungkinkan anda mendapat informasi lebih lengkap selain harga yang ditawarkan. Jangan lupakan jasa konsultan perencana dan pelaksana untuk mempercayakan pemilihan material bangunan, arsitek dan kontraktor berpengalaman bisa menjadi rekan diskusi bagi anda untuk memastikan material terbaik didapat sesuai budget dan kebutuhan anda.

Rekan Sibambo, konsultasikan setiap perencanaan pembangunan rumah agar kita mendapat pilihan terbaik saat memilikinya. Untuk lebih tahu perjalanan dibalik proses pembangunan setiap rumah bisa disaksikan di channel youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta