5 Panduan Singkat Memilih Furnitur yang Tepat untuk Rumah

Published on
Friday, September 27, 2024

Rekan Sibambo, tak lengkap rasanya jika setiap ruangan dalam hunian anda tak dilengkapi dengan kehadiran furnitur. Memilih furnitur pendukung ruangan untuk hunian anda ternyata gampang-gampang susah. 5 tips singkat di bawah bisa menjadi panduan anda untuk memilih furnitur yang tepat bagi rumah impian.

1. Pilih Desain Furnitur

Anda mesti perhatikan pemilihan furnitur baiknya sesuai dengan tema desain rumah agar estetika furnitur tersebut tidak lekang waktu. Saat rumah anda bertema minimalis, sesuaikan furniturnya pun bertema minimalis. Sama halnya saat tema rumah anda klasik, furnitur berbahan jati sangat cocok untuk melengkapinya. Perkaya referensi anda untuk menentukan jenis furnitur paling ideal untuk hunian impian anda.

2. Tentukan Kebutuhan Furnitur

Buat daftar kebutuhan furnitur untuk setiap ruang yang akan anda tata. Furnitur yang akan anda letakkan di ruang tamu, tentunya berbeda dengan furnitur yang akan mengisi ruang keluarga. Sama halnya saat anda akan meletakkan perabot dapur dan ruang makan yang pasti berbeda dengan kebutuhan perabot di kamar mandi. Namun, bijaklah saat menyusun kebutuhan furnitur ini , perhitungkan fungsinya juga agar tak hanya bernilai estetika saja.

3. Sesuaikan Furnitur dengan Kondisi Ruangan

Apa pun furnitur yang anda pilih pastikan bisa tampil harmonis, menyatu dengan ruang, nyaman, serta menyenangkan secara visual. Agar selaras dengan ruangan yang akan diisi furnitur, jangan lupa anda harus mencatat ukuran pastinya. Memaksakan untuk meletakkan furnitur dengan ukuran jumbo di hunian minimalis justru akan membuat ruangan terkesan sempit dan tidak nyaman. Jangan lupa pilihlah warna furnitur yang senada dengan ruangan di rumah anda, selaraskan dengan warna dominan dan hindari warna-warna yang terlalu kontras. Hal ini bisa menjamin kehadiran furnitur bisa menyatu dengan ruangan dan tidak menimbulkan ketimpangan yang mampu merusak keindahan ruang.

4. Gunakan Material yang Berkualitas 

Meski tersedia banyak ragam pilihan furnitur di pasaran, anda harus tetap memperhatikan kualitasnya. Jangan tergiur harga murah namun tidak dibarengi dengan kualitas yang baik. Anda mesti memastikan material yang digunakan mempunyai kontruksi yang kuat dan tahan lama. Jangan lupa furnitur pilihan anda pun mesti mendapat perawatan saat pemakaian, pilihlah furnitur yang minim perawatan dan mudah dibersihkan.

5. Sesuaikan dengan Anggaran

Selain harus sesuai dengan budget yang akan anda keluarkan untuk membeli furnitur, pilihlah furnitur yang memungkinkan anda untuk tidak keluar biaya lagi saat pemakaiannya. Anda bisa memilih perabotan yang hemat energi, jika tersedia pastikan furnitur yang anda pilih memiliki garansi dan prioritaskan ruangan mana yang lebih penting untuk diisi furnitur dibanding ruang lainnya.

Rekan Sibambo, konsultasikan setiap perencanaan pembangunan rumah agar kita mendapat pilihan terbaik saat memilikinya. Untuk lebih tahu perjalanan dibalik proses pembangunan setiap rumah bisa disaksikan di channel youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta